Changing SQL Server Default TCP Port

Seperti diketahui bahwa Default TCP Port dari SQL Server adalah 1433. Sebagai langkah pengamanan, default TCP port tersebut direkomendasikan untuk diganti dengan nilai port lain.

Langkah-langkah untuk mengganti default TCP port adalah sebagai berikut (misal kita ganti dengan 1355, demo ini menggunakan SQL Server 2008 R2) :

pertama kita masuk ke SQL Server Configuration Manager –> SQL Server Network Configuration –> Protocol for <NamaInstance>

port1

 

Kemudian klik kanan pada Protocol Name TCP/IP lalu pilih Properties lalu pilihlah tab IP Addresseses . Terlihat jelas bahwa TCP Port default terdaftar pada semua IP Address yang ada.

Kosongkan semua nilai yang ada di TCP Port pada setiap IP Address yang ada kecuali untuk IP Addresses IPAll. Kosongkan TCP Dynamic Port. Isi TCP Port pada IPAll dengan nilai 1355

port2

 

port3

 

Klik Ok, sesuai Warning Box diatas, kita restart Services dari SQL Server.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan Inbound Rules baru pada Firewall untuk port 1355.

port4

 

Setelah TCP Port 1355 di assign ke Inbound rules pada firewall, sampai langkah ini kita telah selasai mengganti TCP Port Default dari SQL Server.

Agar Client bisa melakukan komunikasi dengan SQL Server yang telah berganti nilai TCP Portnya, Name Server nya perlu didampingi dengan nilai TCP portnya. Contoh penulisannya seperti Connectionstring berikut :

Provider=SQLNCLI10;Server=myServerAddress,1355;
Database=myDataBase;Uid=myUsername; Pwd=myPassword;

Tampak pada penyebutan name server ditulis seperti ini : myServerAddress,1355. demikian semoga bermanfaat.

Leave a Reply