Import data ESRI Shapefile ke Dalam PostgreSQL menggunakan PostGIS 2.0 Shapefile and DBF Loader Exporter

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara memasukan data ESRI Shapefile kedalam Database PostgreSQL dengan menggunakan PostGIS 2.0 Shapefile. langkah ini bertujuan agar memudahkan dalam proses penyimpanan file dan terhindar dari kerusakan data.

langkah pertama yang harus di lakukan ialah membukan Database ProsgreSQL di pgAdmin III.

lalu kemudian buat database baru dengan memberi nama Database tersebut dengan nama latihan. proses pembuatan database baru ini bertujuan untuk sarana penyimpanan data ESRI Shapefile yang nanti akan di improt.

 

langkah berikutnya yaitu kita menambahkan Extension kedalam database latihan. cara nya sama seperti pada gambar di bawah ini.

pilih extension postgis.

proses pembuatan atau penambahan database baru yang nantinya digunakan sebagai wadah untuk menampung data ESRI Shapefile nya sudah selsai.

lanjut ke tahap berikutnya, kita buka aplikasi PostGIS 2.0 Shapefile and DBF Loader Exporter.

setelah muncul seperti gambar di bawah kemudian kita klik View Connection details untuk membuat koneksi kedalam database yang akan kita tuju.

masukan koneksi database sesuai dengan alamat server dan nama database nya. kurang lebihnya seperti gambar di bawah ini. kemudia klik ok.

jika proses koneksi kedalam database berhasil maka akan muncul keterangan yang napak pada gambar di bawah yang dilingkari merah (Connection succeeded) .

kemudian klik Add file untuk mencari file shp yang akan di masukan.

setelah klik Add file maka akan muncul antar muka seperti pada gambar di bawah.

setelah itu kemudian cari file yang akan di masukan kedalam database. lalu klik Open.

kemudian klik import yang di tandai dengan lingkara merah pada gambar di bawah.

tunggu proses nya selsai

setelah selsai lihat keterangan yang berada di bawah yang telah di garis bawahi warna merah, jika muncul keterangan seperti itu maka proses import data ESRI Shapefile kita sudah berhasil.

 

setelah proses import data selsai dan berhasil kemdian langkah selanjutnya ialah pengecekan terhadap hasil import data tersebut. kita bisa mengecek langsung kedalam database nya, nampak pada gambar di bawah ini bahwa data yang tadi kita masukan berhasil.

 

dana ada juga metode pengecekan hasil import yang kedua yaitu dengan cara membuka data atau memanggil data yang telah di masukan kedalam database latihan tadi menggunakan Quantum GIS.

langkah pertama yaitu kita buka terlebih dahulu aplikasi Quantum GIS.

setelah itu ke menu add Layer kemudian pilih Add Layer lalu klik Add Postgis Layer. 

maka akan muncul antar muka pada gambar di bawah. masukan alamat server dan nama database yang ingin di akses. gambar di bawah merupakan contoh pengisian nya, lalu klik Test Connection. 

jika muncul keterangan seperti nampak pada gambar di bawah itu menandakan proses koneksi berjalan baik. lalu klik ok.

klik connect lalu pilih file mana yang ingin di tampilkan kemudian klik add. 

gambar dibawah merupakan data ESRI Shapefile yang tadi sudah kita import kedalam database kemudian ditampilkan dalam bentuk visual dengan menggunakan aplikasi Quantum GIS.

 

 

 

 

sekian tutorial dari saya, semoga apa yang telah saya sampaikan bisa memberi ilmu baru bagi para pembaca. semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply