Import geometry data from ESRI Shapefile to SQL Server using GDAL/OGR

Dalam mengerjakan project GIS sering saya mendapatkan file ESRI Shapefile yang harus di import ke dalam SQL Server. untuk dapat melakukan hal tersebut salah satu caranya adalah dengan menggunakan GDAL/OGR component.

The Geospatial Data Abstraction Library (GDAL) adalah open source library and set of tools untuk melakukan converting and manipulasi spatial data. Namun dalam menggunakan tool ini tidak mudah, kita harus banyak bermain dengan command yang di eksekusi mengguakan OGR2OGR command line.

untuk itu saya mencoba untuk mencontohkan cara menggunakan tool ini. sebelumnya kita persiapkan dulu component-component yang diperlukan yaitu :

  1. install and configure GDAL/OGR windows binaries is by downloading dengan cara mendownload OSGeo4W package disini http://trac.osgeo.org/osgeo4w/
  2. Lakukan set a system environment variable, GDAL_DATA, dimana didalam folder gdal_data ini terdapat GDAL support files gcs.csv and pcs.csv yang mengatur mengenai referensi EPSG code yang digunakan.

sebelumnya saya sudah siapkan ESRI shapefile contoh yang akan digunakan yang rekan-rekan dapat download disini https://www.dropbox.com/s/2juvjdzk0ld0lan/AdmKabMagelang.zip?dl=0

dan juga sudah saya siapkan 1 buah database bernama : LATIHAN di dalam SQL Server. disini saya menggunakan SQL Server 2012 Developer.

setelah langkah 1 dan 2 diatas dilakukan dan database juga sudah tersedia, kita dapat memulai melakukan import data SHP nya ke SQL Server

pertama jalankan OSGeo4W Shell sehingga muncul tampilan berikut :

osgeo4w

lakukan ketikkan command berikut :

ogr2ogr
-f “MSSQLSpatial”
“MSSQL:server=localhost;database=LATIHAN;trusted_connection=yes”
“F:\DEMO\SHP\AdmKabMagelang.shp”
-a_srs “EPSG:4326”

maka hasilnya akan seperti ini :

ogr2ogr2

jika tidak ada pesan error  apapun berarti kita telah sukses memindahkan ESRI Shapefile diatas ke dalam sql Server. dan ini bisa kita cek ke dalam SQL Server :

ogr2ogr

 

Sampai disini kita berhasil melakukan import ESRI Shapefile ke dalam SQL Server. Demikian semoga bermanfaat.

Leave a Reply